New York (ANTARA News) - Penyerang Timnas Spanyol David Villa direkrut New York City FC dengan kontrak tiga tahun, kata klub Liga Amerika Serikat itu seperti dikutip Reuters, Senin.

Villa, yang mengantarkan Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol musim lalu, akan bergabung dengan klub baru itu yang akan mulai bermain di Liga AS pada 2015.

Kesepakatan itu mungkin menjadi rekrutmen terbesar yang dibuat tim Liga AS sejak David Beckham bergabung dengan LA Galaxy karena Villa (32) saat ini adalah anggota tim juara dunia.

Villa adalah pemain pertama oleh klub yang dimiliki bersama oleh klub Liga Utama Inggris Manchester City dan klub bisbol New York Yankees.

"Ini merupakan saat yang bersejarah dan menggembirakan bagi keluarga City dan New York City Football Club," kata ketua eksekutif klub Ferran Soriano.

"Saya mengenal David dengan sangat baik; ia merupakan salah satu pesepakbola terbaik di dunia, juara sejati dan berada pada momen luar biasa dalam kariernya. Saya yakin warga New York akan senang melihat dia bermain untuk kota mereka," kata Soriano.

Villa menjadi bagian Barcelona asuhan Pep Guardiola yang meraih banyak kesuksesan. Dia akan mengenakan kaus bernomor punggung tujuh seperti saat di Camp Nou.

"Saya ingin berusaha dan membantu Liga AS untuk tumbuh, melalui bermain, bekerja keras, mencetak gol demi gol dan pada saat yang sama berusaha menjadikan New York City FC sebagai tim terbaik di liga."

Villa bergabung dengan mantan pemain Barcelona lain di New York, yaitu mantan pemain timnas Prancis Thierry Henry yang membela New York Red Bulls yang bermarkas di Harrison, New Jersey, demikian Reuters.

(H-RF/D011)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014