Kuantan Singingi (ANTARA News) - Ketekunan Sertu Helmita memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun semangka disela-sela tugasnya sebagai penjaga terirorial wilayah di rayon militer 08 Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau ternyata berbuah manis dengan melimpahnya hasil panen di lahan 1,5 hektare itu.

Panen dilakukan Dandim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu - Kuantan Singingi, Provinsi Riau Letkol Inf Albert Panjaitan, Kamis, dengan hasil mencapai 40 ton.

"Kami berikan apresiasi atas kreativitas serta contoh positif yang diberikan prajurit Koramil 08. Semoga ini bisa menggugah warga dan juga tentara untuk memanfaatkan lahan mereka," katanya.

Kegiatan itu merupakan upaya dalam mengisi kekosongan waktu karena di sela tugas melakukan pembinaan dan pengawasan wilayah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif serta sekaligus menambah penghasilan keluarga.

Lokasi kebun yang menjadi milik Helmita berada di Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuansing.

Lahan panen semangka itu berjarak lebih kurang 1,5 jam perjalanan dari Lubuk Jambi. Panen itu merupakan panen perdana milik Helmita yang mendapat perhatian banyak pihak atas keberhasilannya dalam bercocok tanam tersebut.

Acara itu juga dihadiri oleh Pabung dua kabupaten Mayor Inf Andri Suhardi, perwira seksi teritorial, perwira seksi operasional, Danramil Kuantan Mudik Kapt Inf Bambang Tarigan, Danramil Baserah, Danramil Muara Lembu, sejumlah anggota Koramil Kuantan Mudik dan Camat Kuantan Mudik Asmari.

Menurutnya, tanaman semangka yang berada di kebun sawit miliknya ini ditanamnya sekitar 2,5 bulan lalu, berat buah semangka ini rata-rata enam hingga delapan kilogram setiap buahnya.

Letkol Inf Albert Panjaitan mengatakan, pihaknya ikut membantu pemerintah dalam upaya mengembangkan potensi wilayah, khususnya di wilayah Koramil Kuantan Mudik, dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Upaya meningkatkan sistem ketahanan pangan harus ditempuh berbagai upaya agar masyarakat bisa meningkatkan nilai dan jenis produksi pangan. Program itu berbeda-beda seperti di Kabupaten Indragiri Hulu dengan penanaman jagung. (APL/M027)

Pewarta: Asripilyadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014