Jakarta (ANTARA News) - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) dalam bidang perawatan mesin penggerak dan mesin pembangkit.

"Kami menyambut baik prospek kerja sama dengan GMF yang reputasinya dalam merawat pesawat terbang telah diakui berbagai maskapai penerbangan internasional," kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo di Jakarta, Rabu.

Menurut Tri Handoyo, KCJ mencanangkan kerja sama perawatan mesin listrik dengan GMF untuk semakin meningkatkan keandalan sarana Kereta Rel Listrik (KRL) yang dimilikinya.

Ke depannya, ujar dia, melalui perawatan maupun perbaikan yang lebih berkualitas, usia pakai motor listrik juga akan lebih panjang.

"Dalam jangka panjang, kami yakin bentuk kerja sama ini akan dapat mengurangi gangguan sarana KRL yang terkait motor listrik," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan demikian pada akhirnya pengguna jasa akan semakin merasakan perbaikan layanan di KRL Jabodetabek.

Sementara itu, Direktur Utama GMF Richard Budihadianto memaparkan, kerja sama berdurasi satu tahun ini mencakup kerjasama perawatan dan perbaikan mesin listrik sebagai penggerak utama dan pendukung kinerja/operasional KRL di seluruh wilayah Jabodetabek.

Menurut Richard Budihadianto, kerjasama itu merupakan langkah nyata mengembangkan bisnis non-aviasi GMF.

"Kami optimis dengan adanya kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF terutama bagi GMF Power Services sebagai unit bisnis GMF untuk meraih pasar domestik maupun internasional dalam bidang perawatan non-aviasi," katanya.

Motor listrik KRL yang membutuhkan perbaikan maupun perawatan nantinya akan dikirim PT KCJ ke GMF untuk ditangani secara khusus.

Ia memaparkan, penanganan khusus itu antara lain penggantian komponen motor listrik dengan komponen asli dari pabrik yang membuatnya serta pengujian motor yang sesuai standar international.

"Kepercayaan PT KCJ, perusahaan yang mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek untuk melakukan perawatan motor elektrik

kereta rel listrik nya ke GMF merupakan pembuktian bahwa GMF yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang perbaikan dan perawatan rangka, mesin, komponen berbagai jenis pesawat terbang saat ini juga telah dipercaya dalam perawatan dan perbaikan di bidang non aviasi," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014