Palembang (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang akan menyelenggarakan festival unik "telok abang" dalam rangkaian memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke-69 tahun.

Festival Telok Abang tersebut juga dibarengi telok ukan, telok pindang yang selama ini telah menjadi tradisi turun temurun dalam rangkaian kegiatan HUT RI, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang, Yanuarpan, Kamis.

Menurut dia, festival telok abang, telok ukan, telok pindang akan dilaksanakan pada Kamis (14/8).

Masyarakat yang ingin berpartisipasi silahkan datang mendaftar untuk ramai-ramai memeriahkan HUT RI, tambahnya.

Ia mengatakan, selama ini meskipun eksistensi telok abang, ukan dan pindang masih ada tetapi belum secara luas dikenal.

Padahal telok abang merupakan tradisi pasca ditetapkannya hari kemerdekaan oleh pendahulu Palembang, katanya.

Dia menjelaskan, telok abang berupa telur rebus berwarna merah yang biasanya ditancapkan di atas perahu, mobil-mobilan tersebut dari kayu atau kardus.

Sedangkan telok ukan, bahan makanan berupa adonan bolu yang dimasukan dalam cangkang telur bebek yang kemudian ditutup lalu dikukus untuk dinikmati. Khusus telok pindang tentunya tidak hanya lazim disajikan saat agustusan tetapi juga masih sering dijumpai sebagai lauk makan dihari-hari biasa, ujarnya.

Yanuarpan menambahkan selain itu juga dilaksanakan lomba biduk (15/8), parade ketek hias (16/8), panjat pinang (17/8).

Warga yang datang ke Plaza Benteng Kuto Besak dapat menyaksikan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan, tambahnya.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014