Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda berharap agar hubungan baik yang terjalin selama ini antara Indonesia dengan Jepang dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

Harapan tersebut, menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, disampaikan keduanya saat bertemu di Kantor Presiden, Jakarta, Senin pagi.

"Jadi hubungan dengan Jepang saat ini yang diharapkan Presiden yang disampaikan kepada Fukuda tadi, agar tetap bisa menjaga hubungan persahabatan kedua negara. Tidak saja kerja sama di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang politik dan keamanan," kata Julian.

Dalam kesempatan itu, Fukuda yang kini menjabat Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia diterima sekitar pukul 09.00 WIB.

Fukuda dalam kesempatan itu didampingi Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Wakil Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia Naoki Kuroda dan Yutaka Iimura.

Presiden National Graduate Institute for Policy Studies Takashi Shiraisi, CEO Teijin Oyagi, Koordinator Regional dan Penasihat untuk Mitsubishi Corporation di Indonesia Masataka Komiya.

Sedangkan Presiden Yudhoyono pada kesempatan itu didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalhi dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal Mahendra Siregar.

Julian mengatakan, dalam percakapan tersebut, Fukuda juga menyampaikan di masa pemerintahan Presiden SBY, Indonesia memainkan peranan yang signifikan bagi perdamaian di kawasan regional ASEAN juga di kawasan Asia Timur dan di dunia.

"Bagaimanapun ini sesuatu yang perlu bagi kedua negara untuk dijaga dan ditingkatkan," ujarnya.

Ia menambahkan, Presiden Yudhoyono percaya bahwa pemerintahan yang akan datang tetap menjaga hubungan yang telah tercipta selama ini.

"Pada pertemuan Presiden beberapa waktu lalu dengan Pak Joko Widodo, Presiden SBY juga menyampaikan kepada presiden terpilih bahwa hubungan baik dengan Jepang itu penting dan agar terus bisa ditingkatkan. Dan Jokowi juga mengatakan bahwa satu pandangan dengan Presiden tentang pentingnya hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang selama ini," papar Julian.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014