Jakarta (ANTARA News) – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN), Tjatur Sapto Edy, mengatakan partainya akan mengusung calon gubernur Sumatera Barat tahun 2015. 

Sebab, kata Tjatur, Sumatera Barat merupakan basis suara PAN, yang tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

"Seyogyanya PAN harus mengusung kadernya untuk maju sebagai calon gubernur Sumbar," kata Tjatur di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

"Karena Sumbar adalah basis PAN terkuat, kita harus kembalikan marwah dan kejayaan PAN seperti tahun 1999," imbuh Ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Dia menambahkan, PAN akan melakukan seleksi terhadap kader terbaik PAN yang ada di Sumatera Barat.

"Kita akan cari tokoh, kader kita atau yang dekat dengan PAN untuk kita usung sebagai kepala daerah. Kita berusaha supaya kader kita ada yang bisa kita tawarkan untuk jadi kepala daerah Sumbar," ujarnya.

DPP PAN, katanya, akan turun langsung untuk melakukan seleksi kader terbaik PAN.

"Kita berharap bisa menjalankan itu dan DPP akan turun langsung. Kita jalin komunikasi  dengan pimpinan DPD PAN Sumbar," kata Tjatur.

Ketua DPP PAN lainnya, Viva Yoga Mauladi mengatakan, suara PAN yang terus menerus turun di Sumatera Barat dikarenakan tidak adanya kader PAN yang menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah sehingga menyulitkan partai untuk melakukan koordinasi, komunikasi dan membesarkan partai.

"Padahal, Sumatera Barat merupakan basis PAN dengan Muhammadiyah. Tapi selalu kalah dan penyebabnya tidak ada kepala daerah yang berasal dari PAN," kata Viva Yoga Mauladi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014