Jakarta (ANTARA News) - PT Whitesky Aviation yang menyediakan layanan helikopter ambulans, memasang tarif sekitar Rp30 jutaan/jam untuk jasa tersebut.

"Kami menggunakan kurs dolar AS untuk menerima pembayaran, yaitu 2.800 dolar AS atau sekitar Rp30 jutaan per/jam," kata salah satu personel maintenance departement PT Whitesky Aviation, Riska Yulianti, dalam acara Pameran Transportasi Indonesia di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa durasi penyewaan heli ambulan tersebut yaitu minimal dua jam, yang ditujukan bagi pengguna yang mengutamakan efisiensi waktu.

Helikopter ambulans ini melayani pengangkutan pasien dari bandara ke rumah sakit, dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain dan dari rumah ke rumah sakit jika memungkinkan pendaratan helikopter.

"Saat ini beberapa rumah sakit sudah memiliki helipad sendiri, seperti Rumah Sakit Siloam, jadi fasilitas yang kami sediakan juga sudah didukung oleh sejumlah rumah sakit," kata Riska.

Ia mengatakan wilayah cakupan utama heli ambulan ini adalah Jakarta dan sekitarnya, namun pihaknya juga akan menjangkau daerah lain sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Ini termasuk produk terbaru kami yang baru beroperasi dua bulan terakhir, jadi masih akan terus dikembangkan agar masyarakat luas mengetahui adanya layanan ini," ujarnya.

PT Whitesky Aviation saat ini memiliki tiga unit heli ambulans yang menggunakan helikopter berjenis Bell 407 dengan kapasitas empat penumpang.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014