Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 250 orang penderita katarak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, memperoleh layanan operasi secara gratis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) NTB.

Operasi katarak bagi ratusan penderita yang dipimpin Ketua IDI NTB dr I Komang Gruduk tersebut ditinjau Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di Rumah Sakit Daerah KLU di Tanjung, Senin.

Gruduk mengatakan penderita katarak tersebut datang dari semua kecamatan seperti Kecamatan Bayan, Gondang, Kayangan dan Kecamatan Tanjung.

"Di tempat yang sama juga dilakukan pemeriksaan mata dan bagi warga yang mengidap penyakit mata termasuk minus dan plus diberikan bantuan kaca mata secara gratis," katanya.

Kegiatan sosial berupa operasi katarak yang melibatkan puluhan dokter spesialis mata termasuk perawat dilaksanakan hampir setiap tahun dan lokasinya menyebar ke berbagai wilayah di NTB, dan hingga kini telah berhasil mengoperasi ribuan warga.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sekaligus meningkatkan tarap hidupnya," katanya.

Gubernur NTB berterima kasih kepada IDI yang telah mau membantu masyarakat khususnya penderita katarak, sehingga masyarakat kini bisa melihat kembali.

"Kegiatan kemanusiaan itu harus didukung oleh semua pihak baik masyarakat, pemerintah maupun kalangan DPRD NTB, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama tercapai," katanya.

(KR-NKL/Z003)

Pewarta: Nir Komala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014