...pemerintah Hong Kong agar menahan diri, dan bagi pengunjuk rasa untuk terus mengekspresikan pandangan mereka secara damai
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS), Rabu, mengatakan pihaknya "sangat prihatin" dengan laporan-laporan polisi Hong Kong yang memborgol para pengunjuk rasa, dan menyerukan penyelidikan kejadian itu secara "cepat, transparan dan lengkap".

"Kami memperbarui seruan kami untuk pemerintah Hong Kong agar menahan diri, dan bagi pengunjuk rasa untuk terus mengekspresikan pandangan mereka secara damai," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, kepada wartawan.

Para petugas berpakaian preman dituduh melakukan kesalahan telah menyingkirkan mereka dari pos-pos mereka setelah serangan itu, yang terjadi Rabu pagi ketika polisi membuang barikade-barikade yang memblokir jalan dekat markas besar pemerintah kota Tiongkok itu.

Tanpa menyebut Tiongkok, Psaki memuji Hong Kong yang memiliki "tradisi menghormati aturan hukum yang mapan dan diakui secara internasional atas kebebasan fundamental mereka", serta mengatakan bahwa sukses untuk itu sangat penting bagi pusat keuangan global.

Massa--berjumlah sekitar puluhan ribu--telah memblokir jalan utama di tiga distrik kota semi-otonom Tiongkok itu sejak 28 September, memprotes apa yang mereka sebut "demokrasi palsu" yang ditawarkan oleh Beijing.

Mereka marah atas desakan Tiongkok bahwa calon dokter hewan diposisikan sebagai calon pemimpin Hong Kong berikutnya dalam pemilu tahun 2017.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014