Jakarta (ANTARA News) - The Hobbit: The Battle of the Five Armies serentak diputar di bioskop-bioskop seluruh dunia hari ini, termasuk di Indonesia dan Amerika Serikat.

Seri terakhir trilogi Hobbit garapan Peter Jackson ini diperkirakan menangguk untung antara 70 juta sampai 75 juta dolar AS selama lima hari, hanya untuk Amerika Serikat saja, lapor Hollywood Reporter.

Di AS, film ini mulai diputar Rabu malam atau Kamis pagi WIB esok di 3.850 bioskop.

Pada debut dua seri terdahulu --The Hobbit: The Desolation of Smaug dan An Unexpected Journey-- masing-masing menangguk 73,6 juta dolar AS dan 84,6 juta dolar AS.

Capaian kedua seri terdahulu itu melebihi perkiraan untuk seri terakhir, namun banyak pengamat yang meyakini episode terakhir Hobbit akan jauh melebihi An Unexpected Journey dan The Desolation of Smaug.

Triloogi terakhir lainnya akan segera diputar dalam pekan-pekan ini adalah Night at the Museum: Secret of the Tomb.

Film arahan Shawn Levy yang dibintangi komedian Ben Stiller ini diperkirakan akan menghasilkan sekitar 35 juta dolar AS pada debutnya.

Secret of the Tomb juga dibintangi mendiang Robin Williams, Owen Wilson, Dan Stevens dan Ben Kingsley.

Perkiraan angka pendapatan pada debut trilogi terakhir film ini berada di bawah seri sebelumnya, masing-masing Night at the Museum: Battle of the Smithsonian yang pada empat hari debutny meraup 70 juta dolar AS, namun di atas Night at the Museum yang pertama yang meraih 30,4 juta dolar AS, demikian Hollywood Reporter.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014