Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia akan menghadiahkan Gong Perdamaian kepada Kolombia, sebagai bentuk apresiasi proses perdamaian antara pemerintah Kolombia dan kelompok pemberontak FARC.

Duta Besar RI untuk Kolombia Trie Edi Utami dalam pertemuan dengan jurnalis di Jakarta Pusat, Senin, mengatakan rencana pemberian hadiah Gong Perdamaian Dunia tersebut merupakan tindak lanjut atas usulan Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Suntani.

"Kami sudah menyampaikannya kepada pemerintah Kolombia dan mereka sangat mengapresiasi rencana Indonesia (untuk memberikan hadiah Gong Perdamaian Dunia) dan mereka menyampaikan kesiapan untuk memfasilitasinya," kata dia.

Menurut Duta Besar yang akrab disapa Niniek itu, rencananya Gong Perdamaian Dunia atau "Gong de la Paz" akan ditempatkan di Cartagena dan akan diresmikan tahun 2015 ini.

"Waktu pastinya belum tahu, karena proses perundingan masih berlangsung, dan kita tahu itu tidak mudah," kata dia.

"Namun, kita mengaharapkan yang terbaik bagi Kolombia," lanjut dia.

Pada Januari lalu, Dubes Niniek telah melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan Kolombia Mariana Garces Cordoba untuk membahas rencana pemberian hadiah Gong Perdamaian Dunia yang telah dikenal sebagai simbol diplomasi Indonesia untuk mendukung perdamaian dunia.

Dubes Niniek juga menyampaikan kepada Menteri Cordoba bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung proses perdamaian yang tengah diupayakan pemerintah Kolombia dengan FARC.

"Harapan kita, Gong Perdamaian dapat menjadi momentum yang baik bagi proses perdamaian di Kolombia," kata dia.

Dubes Niniek kembali ke Indonesia untuk menghadiri Rapat Kepala Perwakilan RI (Keppri) 2015 di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, pada 2-5 April 2015.

Usai mengikuti rapat tersebut, Dubes Niniek melakukan berbagai pertemuan dengan pengusaha Indonesia untuk mengundang para pengusaha Indonesia berbisnis di Kolombia, dan juga mengunjungi Kota Bandung untuk menyampaikan kuliah umum di Universitas Parahiyangan serta bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk membahas berbagai potensi kerja sama yang dapat dijalin Indonesia dan Kolombia.

Pewarta: A Fitriyanti
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015