Sistem dan metode yang digunakan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh, mensosialisasikan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015.

"Sosialisasi pertama kami laksanakan di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan menghadirkan sekitar 200 peserta," kata Pembantu Rektor I Unsyiah Dr Hizir di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Senin.

Dalam pembukaan sosialisasi pertama PDSS dan SNMPTN 2015 itu, Hizir memaparkan secara umum, sistem dan metode SNMPTN tahun tersebut.

"Sistem dan metode yang digunakan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut terdiri dari kepala sekolah dan operator di SMA/sederajat di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hizir juga mengimbau agar dalam pengisian data PDSS berlaku jujur dan sesuai dengan fakta di lapangan.

"Jika ditemukan adanya kecurangan dalam pengisian data SNMPTN, maka Unsyiah akan menggugurkan kelulusan calon mahasiswa tersebut," katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2013, pihaknya banyak menemukan kecurangan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

"Kami berharap untuk tahun ini tidak ada lagi sekolah yang curang dalam pengisian data di PDSS," katanya.

Proses pendaftaran SNMPTN Tahun 2015 sudah dimulai sejak hari Kamis 22 Januari untuk pengisian dan verifikasi data siswa dan sekolah di PDSS yang berlangsung hingga 12 Maret tahun itu.

Ia menjelaskan pengisian data ke PDSS dilakukan oleh sekolah dan diverifikasi oleh siswa. Pengisian tersebut dapat dilakukan di laman http://pdss.snmptn.ac.id.

Hizir menambahkan peserta yang memiliki prestasi akademik yang baik, namun tidak mampu secara finasial berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi.

"Proses pengusulan beasiswa tersebut juga dikoordinasikan oleh sekolah dan diproses secara nasiona dengan laman http://bidikmisi.dikti.go.id," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Sosialisasi SNMPTN Unsyiah Ilham Maulana mengatakan tiim akan melakukan sosialisasi di seluruh daerah di Aceh yakni 14 Februari 2015 di Bener Meriah, Aceh tengah dan Pidie serta Pidie Jaya.

Kemudian pada 16 Februari 2015 akan dilaksanakan di Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan pada 20 Februari di Kota Sabang.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015