... kita terkadang sulit mencari penyelam yang profesional...
Mamuju, Sulawesi Barat (ANTARA News) - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat, tahun ini telah menyiapkan anggaran pelatihan menyelam untuk mengantisipasi bencana banjir maupun bencana kelelakaan transportasi laut.

"Belajar dari berbagai peristiwa kecelakaan transportasi laut maka kita terkadang sulit mencari penyelam yang profesional. Berangkat dari persoalan itu maka saya mengajukan anggaran untuk pelatihan tenaga penyelam," kata Kepala BPBD Sulawesi Barat, Darno Madjid, di Mamuju, Jumat.

Menurutnya, alokasi anggaran yang disiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015 untuk kegiatan pelatihan menyelam ini cukup memadai dengan kisaran Rp300 juta.

Nantinya kata dia, jajarannya akan menghadirkan tenaga terlatih asal ibukota DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan tenaga penyelam lokal yang ada di Sulbar.

"Tenaga penyelam yang ada di Sulbar belum ada. Nah, jika sewaktu-waktu ada kecelakaan transportasi laut maka kita tidak bisa berbuat banyak karena kita tak memiliki tim penyelam yang profesional," ujarnya.

"Kita tidak pernah berdoa terjadi bencana. Jujur saja, dalam setiap waktu maka saya bermunajab kepada Allah, agar Bangsa Indonesia jauh dari bencana alam, khususnya daerah Sulawesi Barat," ujarnya.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015