Kami tak perlu lagi mendalami dan setuju Badrodin Haiti jadi Kapolri dan segera dibawa ke rapat paripurna siang ini
Jakarta (ANTARA News) - Fraksi-fraksi yang ada di Komisi III DPR RI setuju Komjen Pol Badrodin Haiti menjadi Kapolri. Hal itu terungkap dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri oleh Komisi III DPR RI, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, John Kennedy Aziz menyatakan, fraksi Partai Golkar setuju dan mendukung calon Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti untuk menjadi Kapolri.

"Setelah kita mendengarkan paparan calon Kapolri yang terang, jelas, maka  Fraksi Partai Golkar tak perlu mendalami apa yang disampaikan calon Kapolri. Kami setuju dan meminta Komisi III DPR RI menyetujui Badrodin Haiti sebagai Kapolri," kata John Kennedy dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Fraksi Golkar, katanya, juga meminta agar Komisi III DPR RI meneruskan proses uji kepatutan dan kelayakan ini hingga Badrodin Haiti dilantik jadi Kapolri.

"Fraksi Partai Golkar juga meminta Komisi III DPR RI untuk meneruskan proses ini lebih lanjut dan dalam waktu secepat-cepatnya," kata Jhon Kennedy.

Pernyataan Jhon Kennedy mendapatkan dukungan dari Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin.

"Semoga bisa diikuti dengan fraksi-fraksi lain," imbuh Aziz.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melalui juru bicaranya di Komisi III DPR RI, Irmawan, juga mendukung Badrodin Haiti.

"Kami di Komisi III DPR RI ada lima orang. Setelah mendengarkan paparan yang begitu lengkap dan jelas, maka kami berlima orang ini mendukung agar Bapak dilantik. Kami  apresiasi dan mendukung Bapak sebagai Kapolri," kata Irmawan

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Fraksi Partai Gerindra. Lewat juru bicaranya, Sufmi Dasco Ahmad. "Fraksi Partai Gerindra menerima Badrodin Haiti sebagai Kapolri dan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik," kata Sufmi.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Aboe Bakar AL Habsy mengusulkan agar Komisi III DPR RI segera menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri Badrodin Haiti.

"Kami tak perlu lagi mendalami dan setuju Badrodin Haiti jadi Kapolri dan segera dibawa ke rapat paripurna siang ini. Sebenarnya banyak yang akan kita tanyakan, tapi kita angkat dulu beliau sebagai Kapolri, nanti kita tanyakan," kata Aboe Bakar.

Fraksi PPP juga menyampaikan dukungannya kepada Badrodin Haiti sebagai Kapolri. "PPP tidak punya alasan untuk tidak menyetujui Badrodin Haiti menjadi Kapolri," sebut Asrul Sani.

Anggota Komisi III DPR RI dari PAN, Yandri Susanto menyatakan, Fraksi PAN mendukung Badrodin Haiti menjadi Kapolri.

"Fraksi PAN langsung setuju dan menerima Badrodin Haiti sebagai Kapolri, segera kita usulkan ke paripurna untuk diminta persetujuan sehingga presiden bisa segera melantik. Ikan sepat ikan gabus dimasukkan dalam kulkas, lebih cepat lebih bagus tapi tetap berkualitas," kata Yandir.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015