Jakarta (ANTARA News) - Calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti bersyukur proses uji kepatutan dan kelayakan yang dijalaninya hingga pengesahan dalam Rapat Paripurna DPR RI berjalan lancar.

"Saya bersyukur, Alhamdulilah bahwa hari ini juga selesai rangkaian proses uji kepatutan dan kelayakan sekaligus rapat paripurna. Sehingga secara kelembagaan proses politk sudah selesai dengan disetujui pencalonan saya sebagai Kapolri. Ini yang perlu saya sampaikan," kata Badrodin Haiti di Gedung DPR RI di Jakarta, Rabu.

Ketika ditanyakan soal siapa yang bakal menjadi Wakil Kapolri, Badrodin menyatakan untuk Wakil Kapolri diserahkan kepada proses melalui sidang Wanjakti.

"Lalu nama-nama mana yang diajukan sebagai calon dan diproses dan siapa yang disetujui akan kita ajukan ke presiden," kata Badrodin Haiti.

Ia tidak menyebutkan secara nyata soal status Komjen Budi Gunawan yang juga telah disetujui Rapat Paripurna DPR RI lalu untuk dijadikan wakil kapolri.

"Kriterianya tentu banyak hal yang jadi parameter. Kita juga pertimbangkan track record yang bersangkutan dan masalah senioritas dan kompetensi dan banyak hal lagi yang dipertimbangkan. Track record itu tentu secara internal kita bisa lihat kompetensi masing-masing," kata Badrodin Haiti.

"Ya semua yang memenuhi syarat kita masukkan dalam proses Wanjakti. Semua bintang tiga masuk," imbuhnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015