Kiev, Ukraina (ANTARA News) - Sekitar 300 US pasukan para dari Brigade Lintas Udara ke-173 Amerika Serikat telah tiba di Ukraina pekan ini untuk melatih Garda Nasional Ukraina dalam memerangi pasukan pemberontak pro-Rusia di timur negeri itu, kata Angkatan Darat AS seperti dikutip AFP.

Ke-300 prajurit ini telah tiba Selasa dan Kamis lalu di Yavoriv, Ukraina barat, untuk melatih tiga batalion pasukan Ukraina selama enam bulan.

Mereka akan melatih Garda Nasional Ukraina yang adalah tentara cadangan bentukan tahun 2014 yang menghimpun relawan dan milisi pro pemerintah.

"Kami akan menyelenggarakan kelas-kelas mengenai fungsi-fungsi tempur, selain melatih keberlangsungan dan meningkatkan profesionalisme serta keterampilan staf militer," kata Mayor Jose Mendez, perwira operasional pada brigade yang berpangkalan di Italia itu.

Langkah AS ini kemungkinan akan membuat murka Rusia yang sudah menuduh AS telah mendukung demonstran yang menjatuhkan Presiden Ukraina pro-Rusia Victor Yanukovych tahun lalu sehingga membuat tegang hubungan Kiev dan Moscow.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015