Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar parade Jakarnaval 2015 pada Minggu, 7 Juni mendatang.

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara untuk  memeriahkan HUT Ke-488 DKI Jakarta. Dana yang dianggarkan acara pada 2015 tak kurang dari Rp 8 miliar, naik sebesar  Rp500 juta dari anggaran tahun 2014 yang hanya sebesar Rp7,5 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Purba Hutapea dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, mengatakan, Jakarnaval dilaksanakan lebih awal dari Hari Ulang Tahun DKI Jakarta itu sendiri, yakni tanggal 22 Juni 2015 untuk menghormati bulan suci Ramadhan yang akan mulai pada tanggal 18 Juni 2015.

Sementara anggaran yang dikeluarkan, kata Purba, digunakan untuk membayar artis dan grup band Ibu Kota yang akan manggung di Silang Monas. Selain itu, untuk biaya operasional dan insentif sejumlah pihak yang akan tampil.

Jakarnaval 2015 selanjutnya akan dijadikan forum sosialisasi keberhasilan pembangunan oleh berbagai SKPD dan BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berwisata ke DKI Jakarta.

Sementara itu, menurut  Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia, Susilo Adinegoro, Jakarnaval 2015 akan dimeriahkan oleh  penampilan 35 komunitas hobi dan seni budaya, street art perfomance, marching band, dan komunitas paramotor Indonesia, serta 22 kendaraan hias dari SKPD, BUMD, BUMN, dan pihak swasta.

Selain itu juga akan dimeriahkan artis dan grup band Ibu Kota, seperti, Zaskia Gotik, Trio Macan, Fitri Karlina, D'massiv, Wali, Budi Doremi, Krispatih, dan JKT 48. Dengan demikian Jakarnaval 2015 ini juga sekaligus berfungsi sebagai panggung hiburan rakyat.

Kegiatan hiburan akan dimulai Minggu pukul 12.00 WIB, sementara pelepasan peserta Karnaval akan dilaksanakan langsung oleh Gubernur Propinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada pukul 15.30 WIB.

Rute peserta Karnaval akan dimulai dari Plaza Timur Monas, menuju Jalan Medan Merdeka Utara, belok ke jalan Merdeka Barat. Selanjutnya kelompok kendaraan hias akan menuju ke Jalan Thamrin hingga Bundaran HI. Sementara kelompok komunitas hobi dan seni budaya akan berbelok ke jalan Medan Merdeka Selatan dan Finish di Silang Barat Daya Monas.

Terkait dengan rute yang akan dilalui oleh peserta Jakarnaval 2015 ini, Dinas Perhubungan Propinsi DKI Jakarta akan melakukan pengalihan arus lalu lintas hingga pukul jam 17.00 WIB, sementara kegiatan hiburan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB malam.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015