Jakarta (ANTARA News) - Swedia mengalahkan Denmark dengan skor 4-1 dalam laga semifinal Piala Eropa kelompok umur di bawah 21 tahun (Euro U-21) pada Minggu dini hari WIB.

Di partai final Euro U-21 pada 1 Juli mendatang, Swedia akan menghadapi Portugal yang sebelumnya telah lolos usai menaklukkan Jerman lima gol tanpa balas.

Dalam laga yang dihelat di Letná Stadium, Prague, Republik Ceko itu, Denmark memenangi penguasaan bola sebesar 57 persen, namun Swedia lebih unggul dari segi tendangan tepat sasaran.

Swedia membuka keunggulan lewat titik penalti pada menit ke-23 yang diberikan wasit setelah Kiese Thelin dijatuhkan oleh Scholz di kotak terlarang. Guidetti yang maju sebagai eksekutor penalti, sukses menandukkan penjaga gawang.

Tiga menit berselang, Swedia menggandakan keunggulan lewat sepakan Simon Tibbling yang memanfaatkan umpan matang Guidetti. Penjaga gawang Denmark pun gagal mengantisipasi si kulit bundar.

Denmark baru bisa membalas pada menit ke-63. Gol diciptakan oleh Uffe Bech usai menerima umpan Victor Lindelöf.

Swedia kembali menjauh dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-83. Kali ini lewat aksi Robin Quaison yang melesakkan bola melewati kaki kiper Denmark. Gol tercipta berkat assist Nicolaj Thomsen.

Pada masa tambahan waktu babak kedua, Swedia mencetak gol keempat melalui sontekan Oscar Hiljemark. Larsson mencatatkan nama sebagai pemberi umpan untuk gol terakhir di laga ini. Skor 4-1 untuk keunggulan Swedia pun bertahan hingga laga tuntas.

Berikut susunan pemain kedua kubu seperti dilansir laman UEFA:

Denmark: Busk; Scholz, Vestergaard, Christensen, Knudsen; Jonsson, Thomsen, Hojbjerg; Falk, Poulsen, Bech

Sweden: Calgren; Lindelöf, Milošević, Helander, Augustinsson; Tibbling, Hiljemark, Lewicki, Khalili; Guidetti, Kiese Thelin

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015