Detroit, AS (ANTARA News) - Pasar otomotif Amerika Serikat tahun ini diharapkan mencapai puncak tertinggi sejak tahun 2005, demikian diperkirakan  Eksekutif Penjualan Toyota AS Bill Fay pada Rabu waktu setempat.

Dengan demikian, secara hitungan kasar penjualan mobil di AS pada tahun ini diharapkan bisa melampaui angka 16,94 juta unit, angka yang sempat disentuh pada 2005.

Lewat sebuah sambungan telepon konferensi, sebagaimana dilansir Reuters, Fay mengatakan bahwa performa pasar otomotif di paruh kedua tahun ini akan jauh lebih kuat dibanding semester pertama.

Bahkan, lanjut Fay, bukan tidak mungkin angka penjualan mobil di AS pada tahun bisa melampaui catatan terbaik sebanyak 17,1 juta unit yang dicapai pada 2001.

Sementara untuk Toyota, Fay menyebutkan untuk penjualan hingga Juni di AS mencapai 1,48 juta unit, atau mengalami kenaikan 4,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pada Juni penjualan truk komersial dan mobil SUV Toyota mengalami kenaikan, sementara kendaraan penumpang cenderung turun, senada dengan laporan-laporan pabrikan otomotif lain yang dikeluarkan pada Rabu waktu setempat.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015