Tidak perlu dipaksakan untuk segera beroperasi
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak ingin memaksakan armada bus Transjakarta merek Scania mesti beroperasi bulan ini, sebalinya menyarankan beroperasi mulai akhir tahun ini saja.

"Tidak perlu dipaksakan untuk segera beroperasi. Apalagi urusan administrasinya, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bus-bus itu juga belum siap," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Terlebih, dia mengatakan saat ini juga bertepatan dengan Idul Fitri dan sebagian besar warga pulang ke kampung halamannya sehingga kebutuhan bus pun akan berkurang.

"Saya rasa tidak perlu dipaksakan agar cepat-cepat beroperasi. Yang penting disiapkan saja dulu semua surat-surat administrasinya," ujar Basuki.

Di sisi lain, mantan anggota DPR RI Komisi II itu menuturkan terkait proses pembelian unit-unit armada bus Transjakarta, saat ini sudah dapat dilakukan melalui katalog elektronik (e-katalog) di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Untungnya, sekarang pembelian bus Transjakarta sudah bisa dilakukan melalui e-katalog LKPP. Kalau masih pakai proses lelang seperti sebelum-sebelumnya, takutnya malah lebih lama dan bisa saja terjadi penggelembungan harga," kata Basuki.

Dari total 20 armada bus Transjakarta merek Scania, baru lima unit yang dapat dioperasikan karena sudah menyelesaikan surat-surat administrasi. Kelimanya akan beroperasi di Koridor 1 rute Blok M-Jakarta Kota mulai Rabu ini.

15 unit bus lainnya baru akan dioperasikan paling lambat akhir bulan ini dengan lima unit diantaranya dioperasikan di Koridor 1 dan sepuluh unit untuk Koridor 9 rute Pinang Ranti-Pluit.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015