... kita jaga kehidupan yang tenang ini. Saling menghargai saling bersatu antar umat beragama agar ke depannya tidak ada oknum yang bisa memecah belah kita...
Kupang, NTT (ANTARA News) - Komandan Korem 161/Wirasakti, NTT, Brigadir Jenderal TNI Heri Wiranto, mengatakan, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah di NTT kondusif tanpa gangguan sedikitpun.

"Dari awal semenjak bulan puasa sudah terlihat bagaimana umat non muslim di daerah ini saling menghargai teman-teman yang muslim dalam berpuasa," katanya, di Kupang, Minggu.

Ia menjelaskan, kondusivitas perayaan hari raya Idul Fitri di NTT itu, berkat kerja sama yang baik antara pihak keamanan dan masyarakat di NTT, yang menjaga nilai-nilai toleransi umat beragama yang selama ini terjalin sangat baik.

Dia juga sudah mengimbau kepada seluruh tokoh masyarakat serta tokoh agama di seluruh NTT untuk bersama-sama menjaga keamanan demi berjalan lancarnya hari raya Idul Fitri.

Lanjutnya, toleransi umat beragama di NTT ini harus tetap dijaga sehingga provinsi kepulauan itu selalu menjadi provinsi yang harmonis.

"Mari kita jaga kehidupan yang tenang ini. Saling menghargai saling bersatu antar umat beragama agar ke depannya tidak ada oknum yang bisa memecah belah kita," katanya.

Sementara itu, terkait kerusuhan sosial di Tolikara, Papua, Jumat (17/7), dia prihatin dengan peristiwa itu.

"Masyarakat di daerah tersebut juga diminta jangan terprovokasi dengan informasi yang berujung pada pemecahbelahan kehidupan umat beragama di daerah itu," tuturnya.

Ia mengharapkan agar insiden itu bisa segera diselesaikan dengan kepala dingin, tanpa harus berujung pada aksi-aksi kekerasan.

Dia juga meminta agar media sebagai penyalur informasi bagi masyarakat juga harus lebih teliti dan hati-hati dalam memberitakan informasi yang ada.

"Jangan sampai membuat berita yang berujung pada isu SARA," katanya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015