Batam (ANTARA News) - Sejumlah penerbangan menuju Batam khususnya dari Palembang, Pekanbaru, Medan, Selasa pagi, masih menghadapi kendala kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera.

Berdasarkan papan informasi penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, penerbangan tujuan Batam yang dibatalkan adalah QG-930 dari Palembang yang seharusnya mendarat di Batam pukul 10.00 WIB.

Penerbangan Lion Air JT-957 Medan tujuan Batam yang seharusnya mendarat pukul 10.40 WIB, juga dibatalkan. Selanjutnya JT-3238 dari Pekanbaru tujuan Batam yang berdasarkan jadwal tiba pukul 09.25 WIB mengalami penundaan.

Sedangkan penerbangan dari Batam yang dibatalkan adalah JT-827 tujuan Padang yang seharusnya berangkat pukul 11.25 WIB.

"Untuk penerbangan Wings Air tujuan Tanjungkarang juga dibatalkan. Tapi itu karena sepi penumpang. Bukan karena dampak kebakaran," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Suwarso.

Selain dampak dari kebakaran di Sumatera, sejumlah penerbangan di Hang Nadim dalam beberapa pekan terakhir juga memasuki masa sepi penumpang.

"Beberapa jadwal juga dibatalkan karena sepi penumpang. Namun yang terjadi mulai Senin kemarin memang ada dampak dari kabut asap," kata dia.

Kemarin, dua penerbangan dari Jambi dan satu penerbangan dari Pekanbaru tujuan Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengalami penundaan karena kabut asap, dan kedua penerbangan itu sampai hari ini belum juga tiba di Batam.

Penerbangan Nam Air IN 9034 dari Batam tujuan Medan menggunakan pesawat sama yang seharusnya berangkat pukul 09.30 WIB juga terlambat.

 Lion Air JT-2236 dari Pekanbaru yang berdasarkan jadwal tiba pukul 09.25 WIB, hingga pukul 10.15 WIB juga belum tiba di Hang Nadim. Demikian pula GA 270 dari Medan tujuan Batam dan Garuda Indonesia dari Jakarta tujuan Batam.

Pewarta: Larno
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015