Kebakaran sudah merembet. Kawasan Nganjuk sudah sekitar 2,3 hektare"
Kediri (ANTARA News) - Petugas Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri, Jawa Timur, mengaku kesulitan untuk memadamkan kebakaran hutan di Gunung Wilis karena kondisi medan.

"Sampai sekarang api belum padam. Medannya harus jalan kaki, dari posko sekitar empat jam," kata Wakil Administratur Kediri Utara Perum Perhutani KPH Kediri Nuradin Eko Saputro di Kediri, Kamis.

Ia mengatakan petugas juga terus dikerahkan bergantian guna memadamkan api di kawasan hutan lindung tersebut. Petugas berangkat pagi dan baru pulang turun sore hari dan bergantian.

Setiap hari, kata dia, ada puluhan anggota yang diturunkan untuk membantu memadamkan api. Selain itu, mereka juga mendapatkan bantuan dari warga, sebagai relawan untuk memadamkan api tersebut.

Ia juga mengatakan, luas hutan yang terbakar sampai 32,3 hektare, yang merupakan bekas kebakaran pada 2012. Luas itu terus bertambah jika dibandingkan dengan luas yang terbakar dua hari lalu, yang diprediksi 19,5 hektare. Sementara itu, lokasi terbakar juga merembet sampai ke luar kawasan Perhutani Kediri.

"Kebakaran sudah merembet. Kawasan Nganjuk sudah sekitar 2,3 hektare," katanya.

Saat disinggung tentang penyebab, ia mengatakan sampai sekarang masih mendalami. Terdapat beberapa prediksi penyebab kebakaran itu seperti tidak sengaja membuang putung rokok, ataupun abu bekas mencari madu hutan.

Ia juga mengatakan, api memang cepat merambat, sebab di hutan banyak alang-alang. Kondisi alang-alang yang sangat kering memudahkan api juga merembet.

Nuradin mengatakan, petugas terus berupaya memadamkan api dengan membuat sekat. Berbagai alang-alang akan dibersihkan, sehingga memutus api dan diharapkan api bisa padam.

Ia mengakui petugas sempat kewalahan memadamkan api, sebab api lebih cepat menyebar. Selain itu, untuk pemadaman pun juga menggunakan teknik manual. Membuat hujan buatan pun juga belum direncanakan, sebab belum ada alat untuk operasionalnya di Kediri.

Tentang kerugian, Nuradin mengatakan sampai saat ini masih melakukan penghitungan. Di lokasi terbakar, banyak tanaman yang masih muda, sebab lokasi itu juga baru terbakar.

Namun, nantinya Perhutani juga sudah menyiapkan upaya reboisasi, dengan menyiapkan berbagai macam bibit tanaman. Nantinya, setelah api padam dan kondisi sudah stabil, serta hujan turun, secepatnya akan disebar berbagai biji tanaman.

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015