Banda Aceh (ANTARA News) - Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto menyatakan semua prajurit TNI di Provinsi Aceh hingga kecamatan ikut terlibat dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

"Seluruh TNI di Aceh mendukung upaya mewujudkan ketahanan pangan di provinsi ini," kata Agus Kriswato usai pembukaan Gebyar Perbenihan tahun 2015 di Komplek Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa.

Ia menyebutkan seluruh personil TNI dari semua komando kewilayahan, Koramil dan Babinsa dan perkuatan dari Kodam Iskandar Muda terlibat bersama-sama dalam mewujudkan program ketahanan pangan.

"Kita siap memberikan perkuatan tidak terbatas bersama-sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh dalam mewujudkan ketahanan pangan," katanya.

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan semua pihak sudah bergerak dalam upaya meningkatkan produksi dan mewujudkan ketahanan pangan secara nasional di masa mendatang.

Pada tahun 2015, Pemerintah Aceh menargetkan produksi Aceh untuk padi sekitar 2,7 juta ton, kedelai 127 ribu ton dan jagung 364 ribu ton.

Berdasarkan perhitungan sementara angka ramalan II Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, produksi padi tahun 2015 sebanyak 2,3 Juta ton atau naik sebesar 26 persen dari produksi tahun 2014.

Sementara itu produksi jagung sebanyak 204.003 ton atau naik sebesar 1,8 persen dan produksi kedelai diperkirakan sebesar 51.024 ton atau mengalami penurunan sebesar 19 persen.

Dalam kegiatan yang dibuka Dirjen Tanaman Pangan pada Kementerian Pertanian Hasil Sembiring turut hadir diantaranya Sekretaris Daerah Aceh Dermawan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh Lukman, Kepala BPTP Aceh Basri A Bakar dan Danlanud Iskandar Muda Kolonel Pnb Pamito Bambang Pamungkas.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015