Pariaman (ANTARA News) - Sebanyak 20 negara telah memastikan diri berpatisipasi pada even internasional Pariaman Triathlon Asian Cup yang digelar oleh Pemerintah Kota, Pariaman, Sumatera Barat, pada 28 hingga 29 November 2015 .

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal, didampingi Sekretaris Disbubpar, Jafreki, di Pariaman, Selasa, menyebutkan, awalnya pemerintah setempat hanya menargetkan 10 negara sebagai peserta namun karena tingginya minat berbagai negara untuk berpatisipasi sehingga penambahan peserta dilakukan.

Pariaman Triathlon merupakan ajang internasional yang melombakan tiga cabang olahraga yang berbeda, diantaranya, renang dengan jarak 1,5 kilometer, lari 10 kilometer dan balap sepeda sejauh 40 kilometer.

Efendi mengatakan ajang tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar, dimana sebelumnya kegiatan yang sama telah digelar pada 2014 silam.

Namun ajang yang pertama hanya sebatas skala nasional saja, dimana Bali keluar sebagai juara. Hingga saat ini 115 atlit sudah terdaftar dari 20 negara yang mendaftar.

"Selain atlet umum, kegiatan ini juga diikuti oleh TNI dan Polri," kata dia.

Pendaftaran telah dibuka sejak 16 September hingga 9 November lalu, dan total hadiah yang diperebutkan Rp375 juta.

Hingga saat ini, dikatakanya, persiapan ajang berskala internasional tersebut sudah mencapai 90 persen.

Terkait tempat penginapan para atlet, pemerintah setempat akan menyediakan 19 penginapan dan tujuh Hotel yang ada di kota itu.

Selain memfasilitasi tempat penginapan, pemerintah setempat juga memfasilitasi transportasi para atlit dari Bandara Internasional Minangkabau menuju kota itu.

Lebih jauh dikatakanya untuk pengamanan sendiri, pemerintah setempat akan meminta bantuan kepada pihak kepolisian dan instansi lainya.

"Untuk pengamanan kita akan dibantu oleh 200 orang personil polisi, dan 20 personil dari TNI AL," ucap dia.

Selain itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga akan menurunkan 40 personil, Dinas Perhubungan sebanyak 40 personil, BPBD setempat juga menurunkan 20 anggota, serta empat ambulan akan disiapkan di sekitar lokasi kegiatan.

Pewarta: Eko Fajri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015