Paris (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, Senin, mengungkapkan dukungan kuat bagi Prancis yang tengah mencari bantuan internasional, dalam upaya menghancurkan kelompok bersenjata ISIS menyusul serangan Paris.

"Saya sangat mendukung tindakan yang diambil Presiden Hollande untuk menyerang ISIS di Suriah," kata Cameron setelah pertemuan di Paris, menggunakan singkatan lain untuk ISIS.

"Dalam keyakinan saya, Inggris juga harus melakukannya," imbuh dia.

Pemimpin Inggris itu juga telah menawarkan kepada Prancis untuk menggunakan pangkalan udaranya di Siprus, dalam melancarkan serangan udara, dan bantuan mengisi bahan bakar jet Prancis.

"Hari ini saya menawarkan kepada Presiden Hollande penggunaan RAF Akrotiri untuk pesawat Prancis yang terlibat dalam operasi melawan ISIS dan bantuan tambahan untuk mengisi bahan bakar di udara," kata Cameron yang didampingi Hollande.

Cameron mengatakan ia akan mengajukan usulan untuk bergabung dengan serangan udara di Suriah, ke parlemen Inggris dalam beberapa hari mendatang.

Hollande mengatakan setelah pembicaraan pada Senin pagi: "Kami mempunyai tugas bersama."

Sebelumnya, kedua pemimpin itu meletakkan karangan bunga di tempat konser Bataclan di Paris, dimana penyerang kelompok militan menewaskan 90 orang pada 13 November.

Salah seorang korban di lokasi itu adalah pria warga Inggris.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015