Seoul (ANTARA News) - Samsung hari ini mengganti kepala unit bisnis mobile dan mempromosikan anak perempuan bos konglomerat Korea Selatan itu demi mempertegas lagi dominansi smartphone di tengah peralihan generasi keluarga Lee yang menjadi pendiri konglomerasi ini.

Samsung mengumumkan Koh Dong-Jin, wakil kepala eksekutif riset dan pengembangan mobile Samsung, sebagai kepala bisnis mobile yang baru.

Pendahulunya, J.K. Shin, masih memangku jabatan unit IT dan mobile, namun akan lebih fokus kepada strategi jangka panjang, kata perusahaan itu seperti dikutip AFP.

Shin (59) mengepalai divisi mobile sejak 2011 dan mengantarkan kebangkitan Samsung sebagai produsen smartphone nomor satu dunia.

Namun unit ini berjuang keras melawan pesaing-pesaingnya dari seluruh segmen, mulai segmen premium dari iPhone buatan Apple sampai produsen smartphone murah Xiaomi.

Koh sendiri memimpin pengembangkan perangkat-perangkat utama Samsung seperti Galaxy S6 dan tablet Galaxy Note 5.

"Diperkirakan Koh akan mampu menciptakan terobosan lain dalam bisnis mobile dengan memanfaatkan wawasannya yang luas pada banyak bidang bisnis, termasuk solusi mobile dan pengembangan layanan," kata Samsung seperti dikutip AFP.

Samsung juga mempromosikan Lee Seo-Hyun, anak perempuan bos Samsung Group Lee Kun-Hee, menjadi kepala bisnis fesyen Samsung C&T yang menjadi lengan bisnis fesyen dan konstruksi Samsung.

Keluarga Lee mengendalikan konglomerasi ini lewat jejaring cross-holding yang rumit pada anak perusahaan-anak perusahaan Samsung.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015