RIAA telah menganugerahi gold dan platinum records untuk bisnis musik selama nyaris 60 tahun, tapi ini pertama kalinya seorang artis menembus 30x multi-platinum
Los Angeles (ANTARA News) - Album "Thriller" Michael Jackson masih menembus batas 30 tahun setelah dirilis dan enam tahun pascakematian sang bintang, sebagai album pertama dalam sejarah yang menembus angka penjualan 30 juta di AS.

"Thriller" dirilis pada 1982 dan berisi tujuh lagu termasuk "Billie Jean", "Beat It" dan judul albumnya telah menembus penjualan 20 juta kopi di AS pada 1984 selama bertengger 112 pekan di tangga album Billboard, kata Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA).

Popularitasnya berlanjut setelah Jackson meninggal pada 2009 akibat overdosis obat bius propofol. King of Pop ini tetap menjadi artis dengan rekaman terlaris sepanjang masa.

"RIAA telah menganugerahi gold dan platinum records untuk bisnis musik selama nyaris 60 tahun, tapi ini pertama kalinya seorang artis menembus 30x multi-platinum," kata Ketua dan Chief Executive RIAA Cary Sherman dalam pernyataan.

"Thriller" juga menembus penjualan 100 juta kopi di seluruh dunia, kata RIAA.

"Thriller" telah terjual lebih dari 2,1 juta unit di AS sejak kematian Jackson, kata Nielsen Music.

Album dan musik video, termasuk "Thriller" yang mengambil inspirasi dari film horor dan dipuji di seluruh dunia, membantu penyanyi Afrika-Amerika itu menembus batas rasis dengan memberikan Jackson posisi di MTV yang hingga saat itu dipenuhi aksi-aksi penyanyi rock berkulit putih.

Album terlaris kedua sepanjang masa setelah "Thriller" adalah "Their Greatest Hits 1971-1975," dari Eagles yang terjual 29 juta, kata RIAA seperti dilansir dari Kantor Berita Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015