Purwakarta (ANTARA News) - Antrean panjang kendaraan terjadi di gerbang Tol Cipali, wilayah Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada musim libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan perayaan Natal, Kamis.

Pantauan Antara, antrean kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju gerbang Tol Cikampek-Palimanan atau Cipali itu cukup panjang hingga mencapai lebih dari 5 kilometer. Kondisi itu terjadi sejak Rabu (23/12) malam hingga Kamis sore.

Pengendara yang melewati jalan Tol Jakarta-Cikampek dan akan melanjutkan perjalanan melintasi jalan Tol Cipali sudah terjebak macet di titik pertemuan jalan Tol Jakarta-Cikampek-Cipali.

Sehingga arus lalu lintas sudah mulai tersendat menjelang keluar gerbang Tol Jakarta-Cikampek. Bahkan, "buntut" antrean gerbang Tol Cipali itu terlihat sampai ke jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 68, wilayah Dawuan, Kabupaten Karawang.

"Dari Jakarta, saya mau ke Subang lewat jalan Tol Cipali, ternyata macet di gerbang tol. Mudah-mudahan selepas gerbang tol, arus lalu lintas lancar," kata seorang pengendara, Saepudin, di Purwakarta, Kamis.

Sementara itu, ada pula pengendara tujuan Subang, Cirebon dan sekitarnya yang tidak mau terjebak macet menjelang gerbang Tol Cipali yang memilih melewati jalur Pantura, keluar di gerbang Tol Cikampek.

Tetapi terjadi antrean sepanjang sekitar 1-2 kilometer di pintu keluar gerbang Tol Cikampek tersebut. Kemudian selepas gerbang Tol Cikampek, pengendara langsung terjebak macet di jalan Cikopo menuju simpang Jomin, Karawang.

Kemacetan di jalan raya Cikopo menuju simpang Jomin pada Kamis siang hingga sore itu tidak terlalu parah. Kondisi tersebut terjadi akibat adanya angkot dan bus yang mengetem atau berhenti sembarangan.

Selain itu, ada pula pengendara yang memilih melewati jalur tengah, melewati Sadang-Subang-Cikamurang-Cijelag-Cirebon untuk menghindari macet di titik menuju gerbang Tol Cipali.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015