yang terjadi kekerasan terhadap anak itu orang tua yang menderita stres semua
Jakarta (ANTARA News) - Kesehatan mental anggota keluarga menjadi salah satu penyebab kekerasan terhadap anak, kata psikolog Elizabeth Santoso.

"Urusannya sama kesehatan mental, yang terjadi kekerasan terhadap anak itu orang tua yang menderita stres semua," kata Elizabeth di Jakarta, Sabtu.

Menurut komisioner Komisi Nasional Perlindungan Anak ini kesehatan mental anggota keluarga dipengaruhi kondisi lingkungan keluarga dan sekitarnya.

Ia berpendapat harus ada pendidikan kesehatan mental yang disosialisasikan kepada orang tua demi menciptakan lingkungan yang sehat secara fisik dan psikologis kepada anak.

"Yang paling bertanggung jawab menciptakan kondisi lingkungan itu orang dewasa, bukan anak-anak," kata Elizabeth.

Dia menjelaskan, kesehatan mental seseorang dipengaruhi tekanan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa mempengaruhi sikap seseorang kepada orang lain.

"Kalau sekarang kesehatan mental di Jakarta bisa dipertanyakan. Lihat saja di jalanan orang-orang berkendara," kata Elizabeth.

Menurut dia, tekanan hidup sekarang, khususnya di Jakarta, semakin tinggi karena keadaan sosial ekonomi dan persaingan kian berat.

"Artinya survival skills di Jakarta makin berat, tekanan hidup makin tinggi. Kalau tekanan hidup makin tinggi, harus ada pendidikan kesehatan mental, itu bagaimana dia bisa menjalin hubungan baik dengan anak, dengan istri, dan dengan orang lain," jelas dia.

Berdasarkan data Komisi Nasional Perlindungan Anak, sebagian besar kekerasan terhadap anak dilakukan orang terdekat seperti bapak kandung, bapak tiri, paman dan juga tetangga.


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016