Hong Kong merupakan salah satu pusat logistik paling penting di Asia. Peran Hong Kong sebagai hub ini diharapkan dapat meningkatkan permintaan produk mainan Indonesia ke dunia
Jakarta (ANTARA News) - Produk mainan buatan dalam negeri siap bersaing pada pameran berskala internasional Hong Kong Toys and Games Fair (HKTGF) yang akan digelar pada 11-14 Januari 2016 di Hong Kong Convention and Exhibition Center, Tiongkok.

"Produk mainan Indonesia akan bersaing dalam pameran Hong Kong Toys and Games Fair (HKTGF) di Hong Kong. Ini kesempatan Indonesia menunjukkan kualitas produk-produk mainan kepada pembeli dunia," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak, dalam rilisnya, Senin.

Kementerian Perdagangan untuk ketiga kalinya membawa mainan Indonesia untuk bersaing ke tingkat dunia di mana produk buatan dalam negeri tersebut akan disejajarkan dengan produk asal Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Italia, Korea Selatan, Inggris, dan Spanyol.

"Partisipasi (Kemendag) pada HKTGF sebelumnya berhasil meraup potensi dagang sebesar 2,76 juta dolar AS. Tentu saja kali ini kami berharap dapat meraih permintaan yang lebih besar lagi," kata Nus.

Nus menambahkan, Kemendag berharap Hong Kong dapat menggenjot ekspor mainan Indonesia dikarenakan peluang pasar mainan yang tengah berkembang saat ini cukup besar dan diperkirakan mampu meningkatkan ekspor nonmigas. Pasar mainan itu tidak hanya menyasar anak-anak, namun juga orang dewasa.

Selain itu, lanjut Nus, posisi Hong Kong yang strategis juga menjadi penghubung bagi kawasan Asia Pasifik sebagai pasar produk mainan terbesar di dunia.

Tahun lalu, HKTGF 2015 menarik lebih dari 42.000 pembeli dari 126 negara dan kawasan, serta diikuti oleh lebih dari 1.990 peserta dari 40 negara antara lain Amerika Serikat, Kanada, India, Perancis, Jerman, Italia, Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.

Pameran tersebut menampilkan produk-produk antara lain candy toys, educational toys and games, electronics and radio control toys, festive and party items, hobby goods, magic items, outdoor and sporting items, paper products and toy packaging, smart-tech toys, soft toys, dolls and kitchenware toys.

Hong Kong berada pada peringkat ke-9 sebagai importir mainan Indonesia dengan didominasi produk sepeda roda tiga, skuter, mobil-mobilan dengan pedal, dan mainan beroda lainnya. Sementara lima negara terbesar tujuan ekspor produk mainan Indonesia periode Januari-Oktober 2015 adalah Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Jepang, dan Jerman.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016