London (ANTARA News) - Minat wisatawan Ceko untuk berwisata ke Indonesia tetap tinggi meskipun terjadi insiden teror di Jakarta pada Rabu lalu.

Hal itu terungkap dalam pembicaraan antara Dubes RI untuk Republik Ceko, Aulia A. Rachman dengan Sekjen Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Ceko, Michal Veber di sela-sela Pameran Wisata "Go and Region Tour" di kota Brno, Ceko, demikian Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa.

Dubes Aulia Rachman dan tim KBRI Praha berpartisipasi pada pameran wisata terbesar di wilayah timur Ceko sebagai dukungan terhadap aktivitas promosi wisata Indonesia kepada masyarakat Ceko. Terlebih lagi setelah pada hari yang sama terjadi insiden teror di Jakarta.

Dubes menjelaskan situasi yang terjadi di Jakarta, termasuk cepatnya penanganan krisis yang terjadi dan menegaskan kepada khalayak bahwa Pemerintah Indonesia berhasil menguasai situasi dalam waktu tidak lebih dari empat jam.

Menurut Dubes, kehadiran dan partisipasi KBRI Praha, sebagai wakil Indonesia di Ceko, pada pameran wisata ini memiliki arti penting untuk memberikan jaminan atas kendali situasi di Indonesia.

Respon masyarakat dan penanganan aparat keamanan di Indonesia terhadap insiden teror di kawasan Sarinah juga berkontribusi dalam mengembalikan keyakinan masyarakat Ceko terhadap stabilitas situasi di Indonesia.

Dubes Aulia Rachman mengungkapkan dukungan Pemerintah Ceko terhadap upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani teror. Dalam pernyataan yang dimuat di portal Kementerian Luar Negeri Ceko, Pemerintah Ceko mengutuk serangan teror yang terjadi di Jakarta dan menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang jatuh. Atas nama rakyat dan Pemerintah Indonesia, Dubes mengucapkan terima kasih kepada rakyat dan Pemerintah Ceko atas dukungannya kepada Indonesia dalam mengatasi insiden teror.

Dubes Aulia menerima informasi Pemerintah Ceko tidak mengeluarkan travel warning untuk Indonesia, melalui Kementerian Luar Negerinya, hanya menghimbau warga Ceko yang berada di Indonesia berhati-hati dan menghindari pusat keramaian, hal ini adalah bukti dari keyakinan dan kedekatan Pemerintah Ceko kepada Indonesia, ujarnya.

KBRI Praha bekerja sama dengan biro perjalanan asal Ceko, Aquatravel, berpartisipasi pada pameran wisata Go and Region Tour yang digelar di Pusat Expo Brno pada tanggal 14-17 Januari. Pameran Go and Region Tour digelar di kota Brno, sekitar 200 km di sebelah tenggara ibukota Ceko, Praha diikuti sekitar 726 perusahaan sektor pariwisata, termasuk ticketing office, karoseri motorhome, biro perjalanan wisata dan layanan terkait lainnya.

Tidak kurang dari 50 biro menyediakan layanan wisata dengan tujuan Indonesia. Di samping Bali, tujuan wisata yang diminati adalah Sumatera, Papua dan Sulawesi. Menurut sejumlah biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Indonesia, rata-rata durasi kunjungan wisatawan asal Ceko ke Indonesia adalah 15 hari.

Menurut salah satu pemilik biro perjalanan wisata Ceko, Jiri Hruska, durasi kunjungan wisatawan asal negaranya di Indonesia berkisar antara tujuh hari hingga 21 hari. Jiri Hruska, yang fasih berbicara bahasa Indonesia, menganggap Indonesia sebagai rumah pertamanya. Biasanya dalam setahun selama delapan bulan berada di Indonesia, kadang ia merasa Indonesia adalah rumah pertamanya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016