Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 232 anggota eks-Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang sebelumnya ditampung di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa, tiba di Gedung Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi.

"Benar, kami menerima gelombong kedua eks-Gafatar asal Jabar yang akan dibina selama lima hingga tujuh hari di sini. Mereka tiba dari Jakarta ke sini pada Selasa sekitar pukul 15.00 WIB," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Tatang Subarna.

Ketika dihubungi Antara Biro Jabar, ia mengatakan secara umum kondisi anggota eks-Gafatar tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan para mantan-Gafatar yang sebelumnya ditampung di tiga balai milik Dinas Sosial Provinsi Jabar.

"Gelombang kedua ini, kondisi mereka sehat, lebih baik-lah dibandingkan dengan gelombang pertama," kata dia.

Para mantan-Gafatar itu, kata dia, akan ditempatkan di tiga balai di Gedung Dinas Sosial Jawa Barat yakni Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (BPSBR), Balai Besar Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (BRSPD).

"Sesuai tupoksi dinsos, kita memberikan perlindungan dan pelayanan dasar mereka kebutuhan dasar terpenuhi, selain pembinaan mental spiritual dan wawasan kebangsaan," kata dia.

Berikut data sementara ke-232 mantan pengikut Gafatar asal Jabar gelombang kedua yang dibina oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat:.

1. Kota Depok sebanyak 83 orang

2. Kabupaten Kuningan sebanyak 16 orang

3. Kabupaten Bekasi sebanyak 59 orang

4. Kota Bekasi sebanyak lima orang

5. Kabupaten Subang sebanyak 12 orang

6. Kabupaten Sukabumi sebanyak sembilan orang

7. Kabupaten Bandung sebanyak 11 orang

8. Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 13 orang

9. Kabupaten Garut sebanyak lima orang

10.Kabupaten Indramayu sebanyak 18 orang

11.Kabupaten Ciamis sebanyak satu orang.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016