Jayapura (ANTARA News) - Puluhan petugas medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Kota Jayapura mendatangi kompleks perkantoran Gubernur Papua untuk melakukan aksi unjuk rasa meminta penggantian direktur rumah sakit setempat.

Salah satu orator aksi unjuk rasa dari tenaga medis Sipke Wandik, di Jayapura, Senin, mengatakan puluhan tenaga medis ini meminta Direktur RSUD Abepura dr. Yohanes Manangsang untuk segera diganti dengan pimpinan yang baru.

"Kami minta diganti karena yang bersangkutan nyata-nyata tidak mampu melaksanakan tugas dan fungsi manajemen," katanya.

Sipke menjelaskan Yohanes Manangsang juga dianggap tidak mampu melaksanakan kepemimpinan dan meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Abepura.

"Untuk itu, kami minta yang bersangkutan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur RSUD Abepura," ujarnya.

Dia menuturkan bagaimana mau menunjukkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagai pasien, sedangkan tugas dan fungsi manajemen sebagai pimpinan saja tidak bisa dilaksanakan.

"Kami akan menutup pelayanan di RSUD Abepura jika tuntutan mengganti pimpinan ini tidak dipenuhi," katanya lagi.

Dia menambahkan ini merupakan aksi unjuk rasa yang pertama kali dilaksanakan, di mana diharapkan ada kejelasan atas jawaban tuntutan ini agar pelayanan kesehatan di RSUD Abepura dapat berjalan dengan baik.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016