Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Tiongkok untuk menghadiri Boao Forum Asia (BFA) di Provinsi Hainan.

Pesawat yang ditumpangi Wapres beserta rombongan antara lain Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dan Wakil Menlu AM Fachir, lepas landas dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma pukul 14.00 WIB.

Wapres Kalla mengatakan kedatangannya ke Forum BOAO Asia itu untuk menjaga sinergitas antara Indonesia, Tiongkok dan negara-negara lainnya.

"Iya, saya diminta bicara di pembukaan Forum Boao tentang bagaimana Asia ke depannya. Ini menarik karena Forum itu diadakan di China tetapi ketuanya adalah Jepang," kata Wapres Kalla.

Forum tersebut merupakan kegiatan swadaya atau nonprofit yang membahas mengenai kegiatan perekonomian, politik, inovasi dan budaya di Asia.

Forum Boao diselenggarakan di Kota Boao, Provinsi Hainan, selama empat hari mulai 22-25 Maret , dengan isu utama pada upaya pembaruan persediaan bahan bakar di dunia serta pembangunan ekonomi di kawasan.

Selain itu, dalam Forum tersebut akan dibahas 12 tema diskusi antara lain terkait teknologi canggih, kemajuan pabrik dan industri terkini di kawasan Asia.

Selain Wapres Jusuf Kalla, BFA juga dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara antara lain Perdana Menteri Nepal Khadga Prasad Sharma Oli, Perdana Menteri Lithuania Algirdas Butkewiczius, Perdana Menteri Belgia Charles Michel, Wakil Perdana Menteri Korea Selatan Yoo Il-ho dan Wakil Perdana Menteri Rusia Arkaji Dvorkovich.


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016