... sudah kami terima, dan hasil perhitungan sementara tidak ada yang kurang...
Sabang, Aceh (ANTARA News) - Naskah soal Ujian Nasional (UN) 2016 untuk tingkat SMA sudah tiba di Kota Sabang, Aceh. Dinas Pendidikan Kota Sabang dan pengelola sekolah-sekolah tingkat SLTA di sana sudah siap menyelenggarakan UN manual maupun berbasis komputer.

Kepala Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sabang, Fajri di Sabang, Sabtu, mengatakan, "Naskah soalnya sudah kami terima, dan hasil perhitungan sementara tidak ada yang kurang. Untuk keamanan, naskah soal itu diamankan di Polres Sabang," katanya.

Menurut dia, sebelum menghadapi UN 2016 pada 4-6 April mendatang, para siswa sudah dibekali dengan berbagai pengayaan, yang difasilitasi oleh Disdik dan sekolah masing-masing.

"Jumlah siswa yang akan mengikuti UN keseluruhan 382 siswa, yang terdiri dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Swasta Al-Mujaddid dan MAN. Kemudian yang mengikuti UNBK hanya SMK 1, jumlah siswanya 62," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala SMK Sabang, Fakhri, siap menyelenggarakan UNBK, dan semua tahapannya sudah berjalan lancar.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses belajar, katanya, dirinya juga mengakui sudah mengantispasi.

"Kami baru perdana menyelenggarakan UNBK, secara teknis tidak ada kendala, Kementerian Pendididikan juga sudah mengirimkan dua unit komputer cadangan untuk mengantispasi. Pihak sekolah juga sudah menyiapkan genset, jika listrik terjadi pemadaman akibat faktor cuaca," imbuhnya.

Pewarta: Mukhlis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016