London (ANTARA News) - Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mengakui tantangan yang dihadapi dalam menjalankan hubungan Indonesia dan Belanda adalah menjaga dan meningkatkan hubungan bilateral yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Hal itu diungkapkannya dalam dialog mengenai berbagai hal dengan Indonesianis muda di Belanda yang tergabung dalam wadah Indonesia Netherlands Youth Society, di Wisma Duta Wassenaar, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Belanda, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Kamis waktu setempat (Jumat dinihari).

Dubes mengatakan dirinya mewarisi tugas berat yang sebelumnya diemban Ibu Retno Marsudi yang saat ini menjadi Menteri Luar Negeri RI. "Hubungan baik kedua negara harus terus diperkuat dengan berbagai kegiatan bersama pada berbagai tingkat. Oleh karena itu juga perlu adanya kerjasama yang erat, antara lain dengan INYS".

Selain itu Dubes Puja juga menyampaikan berbagai aktivitas KBRI Den Haag dalam upaya terus meningkatkan hubungan tersebut, baik bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya.

Sementara itu Ketua INYS Andhika Rutten bersama sejumlah rekan melaporkan kegiatan yang dilakukan INYS selama tiga tahun terakhir dan menyampaikan harapan untuk terus bekerja sama dalam mempromosikan kedua negara di kalangan anak muda.

Kegiatan bersama KBRI Den Haag yang akan dilakukan tahun ini adalah penyelenggaraan Lomba Pidato Berbahasa Indonesia bagi para pemuda Belanda, seminar, dan pengajaran bahasa Belanda untuk mahasiswa Indonesia yang baru datang di negeri Kincir Angin ini.

Pendiri INYS Rennie Roos, menceritakan pengalamannya dalam meningkatkan hubungan dengan kalangan muda di Indonesia, antara lain membentuk INYS di Jakarta, membantu anak-anak di Indonesia melalui program e-learning, dan mendorong pemuda Belanda lebih memahami Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai diskusi dengan tema Indonesia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016