...naskah yang kami terima kini masih dalam pengawasan Polres Kendari
Kendari (ANTARA News) - Puluhan karung naskah Ujian Nasional (UN) SMP sederajat kini diamankan di Polresta Kendari sebelum didistribusikan ke sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara.

Khusus di Kota Kendari, naskah soal ujian SMP/Sederajat yang didistribusikan tersebut langsung diamankan di Polres Kendari untuk selanjutnya disimpan dan nantinya akan diambil saat pelaksanaan ujian nasional, kata Ketua Panitia UN Tingkat Kota Kendari, Hasim di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, naskah ujian nasional tingkat SMP/Sederajat yang telah diterima dari dinas pendidikan dan kebudayaan Sulawesi Tenggara itu, untuk saat ini disimpan di Polres Kendari untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran soal UN.

"Kami baru saja menerima naskah ujian nasional (19/4), untuk tingkat SMP/sederajat dari dinas pendidikan provinsi untuk dinas pendidikan dan kebudayaan kota Kendari, dan naskah yang kami terima kini masih dalam pengawasan Polres Kendari," ucapnya.

Menurut Hasyim, untuk jumlah naskah ujian yang diterima sebanyak 63 karung dengan jumlah dus sebanyak 92 dus dan naskah ujian susulannya sebanyak tiga dus.

Lebih lanjut Hasyim mengatakan, sebelum pelaksanaan ujian nasional, terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan naskah soal ujian yang di terima oleh setiap sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengatisipasi terjadinya kesalahan dalam ujian nasional nantinya.

Berdasarkan data dari panitia Ujian Nasional tingkat SMP/sederajat di Kota Kendari jumlah penyelenggara ujian nasional sebanyak 52 sekolah di antaranya 24 sekolah SMP Negeri, 14 SMP Swasta dan MTS Negeri dan Swasta sebanyak 14 sekolah. Sedangkan jumlah peserta ujian Nasional tingkat SMP/sederajat sebanyak lima ribu 712 orang siswa.

Pewarta: Azis Senin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016