Upaya ini dilakukan untuk terus meningkatkan awareness masyarakat Arab Saudi terhadap Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Arab Saudi, mempromosikan budaya Bali sebagai salah satu destinasi wisata dengan mengadakan "Bali Night Event" yang diselenggarakan pada akhir April hingga 7 Mei 2016.

"Upaya ini dilakukan untuk terus meningkatkan awareness masyarakat Arab Saudi terhadap Indonesia," kata Kepala ITPC Jeddah, Gunawan, dalam keterangan pers yang diterima, Jumat.

Acara tersebut, lanjut Gunawan, dilaksanakan lebih dari sepekan, mulai akhir April hingga 7 Mei 2016 di Park Hyatt Hotel, Jeddah Marina, Club and Spa, di Jeddah, Arab Saudi. Budaya Bali dikemas menjadi lebih Islami dengan perpaduan simbol budaya Bali dan Timur Tengah yang Islami.

Menurut Gunawan, Bali Night Event ini bertujuan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang terkenal di Indonesia, juga produk-produk kecantikan, baju tradisional, makanan dan minuman, kopi dan teh, dan produk-produk berkualitas lainnya dari Indonesia.

"Promosi Indonesia ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap," Gunawan menambahkan.

Menurut Gunawan, sebagian besar undangan yang hadir pada acara ini merupakan mitra dari ITPC Jeddah yang terdiri dari pengusaha-pengusaha Arab Saudi. Selama ini mereka sangat antusias berdiskusi di kantor ITPC Jeddah untuk menanyakan jenis produk dan jasa yang dimiliki Indonesia yang berpotensi untuk diekspor ke Arab Saudi.

"Saya optimis, promosi ini akan sangat efektif untuk memperkenalkan Indonesia lebih jauh lagi kepada masyarakat dan dunia usaha di Arab Saudi," tegas Gunawan.

Dalam acara tersebut, menyuguhkan alunan musik khas Bali yang mengiringi siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang menarikan tari Pendet dengan pakaian lebih tertutup. Ruangan dihias kain hitam putih khas Bali sehingga tampak khas Bali.

Bali Night Event dibuka langsung oleh perwakilan KJRI Jeddah, dan acara itu terselenggara atas kerja sama antara ITPC Jeddah dengan Pelaksana Fungsi Ekonomi (PFE) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Park Hyatt Hotel Jeddah Marina, Club and Spa, serta Batavia Restaurant yang menyajikan masakan 100 persen dari Indonesia.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016