Jakarta (ANTARA News)- Menteri Luar Negeri Venezuela, Delcy Rodriguez, mengharapkan yang telah terjalin dengan Indonesia dapat dipererat dan dikembangkan untuk bidang lainnya.

Hal tersebut disampaikan menteri pada saat menerima surat kepercayaan Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, M. Luthfi, di Caracas, Rabu (4/5), demikian pernyataan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Carasas yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut menteri, Indonesia merupakan negara penting bagi Venezuela, terutama sejak mendiang Hugo Chavez menjadi Presiden dan dilanjutkan oleh Presiden Nicolas Maduro.

Rodriguez mengatakan Venezuela dan Indonesia telah membangun kerja sama di beberapa bidang dan forum, terutama Gerakan Non Blok (GNB) dan Kerjasama Selatan Selatan.

Menteri menyambut baik rencana kunjungan Delegasi Indonesia di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi GNB ke 17 yang akan diselenggarakan di Venezuela.

Selain itu, tahun ini Venezuela juga akan menjadi tuan rumah Sidang Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Venezuela ke-4. SKB sebelumnya diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 11 Juni 2013.

SKB ke 3 menghasilkan perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik/ dinas dan satu nota kesepahaman mengenai pendidikan dan pelatihan diplomat kedua Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, dalam sambutan pada upacara penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar Luthfi menyatakan Indonesia mendukung penyelenggaran KTT GNB ke 17 dan berharap hubungan bilateral ke dua negara dapat ditingkatkan di berbagai bidang.

Pewarta: Libertina Widyamurti Ambari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016