Saya menilainya Budi Gunawan merupakan sosok yang cocok menjadi Kapolri (menggantikan Badrodin Haiti),"
Jakarta, 2/6 (Antara) - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Aboe Bakar Alhabsyi menilai profil Komjen Pol Budi Gunawan (BG) layak menjabat Kapolri menggantikan Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun Juli 2016.

"Saya menilainya Budi Gunawan merupakan sosok yang cocok menjadi Kapolri (menggantikan Badrodin Haiti)," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Aboe mengatakan BG layak menduduki jabatan Kapolri karena beberapa hal diantaranya memiliki latar belakang yang lengkap dalam penugasan. Dia mencontohkan, BG dalam tugas kewilayahan pernah ditempatkan di Polda Jambi dan Polda Bali.

"Selain itu, pernah menjabat pada unsur pendukung Polri sebagai Kalemdiklat Polri," ujarnya.

Selain itu menurut dia, BG pernah pula menjabat pada unsur pembantu pimpinan sebagai Kadiv Binkum, dan pada unsur pengawasan pernah menjabat sebagai Kadiv Propam.

Politikus PKS itu menilai dari sisi kepemimpinan, BG sudah berpengalaman menjabat sebagai Wakapolri.

"Karena itu saya meyakini, BG pastilah memiliki penguasaan yang lebih terhadap organisasi Polri, karena pernah menerima tugas diberbagai tempat," katanya.

Dari sisi internal Polri menurut dia, daya terima dan dukungan terhadap BG sangat kuat sehingga itu menunjukkan bahwa situasi kebatinan dari kesatuan sendiri dapat menerima profinya dengan baik.

Selain itu menurut dia, BG dipercaya memiliki kualitas intelektual yang baik karena banyak ide yang diberikan untuk mengembangkan Polri.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016