Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 40 Taruna dan Taruni tingkat II Akademi Angkatan Laut (AAL) bersama ABK KRI Dewaruci dan Pengasuh Taruna AAL menggelar Shalat Tarawih berjamaah di atas geladak KRI Dewaruci selama latihan pelayaran navigasi astronomi pada 4-9 Juni 2016.

"Walaupun dalam misi pelayaran dan dengan keterbatasan yang ada, hal itu tidak dijadikan penghalang untuk tetap melaksanakan ibadah di awal bulan Ramadhan," kata Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan pers di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan shalat tarawih di atas kapal latih TNI Angkatan Laut jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) itu dipimpin salah satu ABK KRI Dewaruci Serda Bah Masruhan, lalu dirangkai dengan ceramah singkat tentang bulan suci Ramadhan oleh Serka Bah Wahyu.

"Pelayaran kapal yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) W Baruno Aji itu mendarat di Kotabaru, Kalimantan Selatan pada 6 Juni 2016 lalu dengan disambut oleh Komandan Pangkalan TNI AL Kotabaru Letkol Laut (P) Agus Praptopo," tuturnya,

Mereka juga disambut Komandan Kodim Kotabaru Letkol Inf Suprianto, Wakapolres Kotabaru Kompol Ade, Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru Drs Suriansyah, dan Wakil Ketua DPRD Moch. Arief.

Selama berada di Kotabaru, Komandan Lanal Kotabaru, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji beserta taruna-taruni, dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Hariono melaksanakan "Courtesy Call" ke kantor Bupati Kotabaru.

"Kunjungan taruna-taruni Tingkat II di Kotabaru merupakan pelayaran kedua kalinya, untuk pelayaran pertama telah dilaksanakan saat latihan Jalasesya tahun 2015," ucapya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kotabaru mengharapkan para taruna dapat memberikan motivasi dan contoh kepada siswa-siswi SMA di Kotabaru agar dapat mengikuti jejak para taruna kedepannya menjadi prajurit TNI AL yang menjadi kebanggan daerahnya, bangsa dan negara.

Peserta latihan dan praktek (Lattek) pelayaran navigasi astronomi itu terdiri dari 33 taruna dan tujuh taruni AAL Korps Pelaut.

Selanjutnya, Komandan KRI Dewaruci diikuti oleh 14 taruna dan empat taruni AAL mengunjungi Lanal Kotabaru yang diterima oleh Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Agus Praptopo dan staf.

Dalam kunjungan tersebut, Komandan Lanal Baru berpesan kepada seluruh taruna-taruni agar tetap semangat mengikuti jalannya latihan dengan penuh disiplin serta tanggung jawab, latihan ini adalah bagian dari praktek yang harus dilalui para taruna-taruni sebagai bekal nantinya di kedinasan.

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016