Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR E.E. Mangindaan mengungkapkan Indonesia harus memenangkan persaingan pariwisata di Asia Pasifik.

"Kalau ingin memenangkan pariwisata maka kuasai pariwisata di kawasan Asia Pasifik. Benang merah pariwisata di kawasan Asia Pasifik adalah Taipe, Manado, Bali, dan Perth. Kita harus rebut pariwisata di Asia Pasifik," kata Mangindaan dalam keterangan tertulis MPR hari ini.

"Kita harus kuasai dan rebut pariwisata di kawasan Asia Pasifik. Kalau ini bisa terjadi maka akan membuka lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi," ucap dia.

Dia berkisah, ketika menjadi Gubernur Sulawesi Utara dan menteri kabinet masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dia sudah membangun infrastruktur pariwisata di Sulawesi Utara antara lain pelabuhan internasional Bitung dan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

"Pada waktu itu ada keberatan dari daerah lain. Saya menjelaskan kepada Presiden SBY waktu itu, bahwa kawasan pariwisata adalah di bibir kawasan Pasifik. Sulawesi Utara ditakdirkan secara geografis berada di kawasan pariwisata," ujar dia. "Runway bandara diperpanjang menjadi 3.000 meter agar pesawat berbadan lebar bisa mendarat. Sekarang baru 2.500 meter."


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016