Jakarta (ANTARA News) - Jajaran Fraksi Partai NasDem di DPR menggelar buka bersama dengan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa petang.

Ketua Fraksi Partai NasDem Viktor Laiskodat dan jajarannya tiba di Rutan Pondok Bambu sekitar pukul 17.00 WIB. Setiap tamu yang masuk diwajibkan untuk registrasi dan menitipkan kartu identitas ke petugas Rutan.

"Dipilihnya rutan khusus wanita ini bukan tanpa alasan," kata Viktor.

Fraksi NasDem, kata dia, tidak ingin melupakan orang-orang yang butuh sapaan dan kehangatan dari pihak luar. NasDem mencoba jeli bahwa tidak hanya anak-anak di panti asuhan dan orang-orang miskin yang butuh kebersamaan.

"Orang-orang yang tengah berada di rumah tahanan pun membutuhkan itu," kata Viktor.

Di dalam acara ini berbagai acara disiapkan, baik oleh Fraksi NasDem sendiri maupun oleh para tahanan.

Dan di sinilah kelebihan dari buka bersama kali ini. Acara jamak di bulan puasa ini tidak hanya berisi tausiah dan makan-makan saja. Lebih dari itu, dalam acara ini berbagai aksi dan kreatifitas para tahanan menjadi bagian dari acara.

Ratusan tahanan terlibat semua dalam acara buka bersama ini, termasuk di dalamnya adalah Angelina Sondakh, mantan anggota DPR periode 2009-2014. Angie, demikian biasa dia disapa, bahkan menjadi motor dari pagelaran yang ditunjukkan oleh para tahanan, berupa peragaan busana muslim.

Tidak hanya memberikan sapaan hangat, dalam acara ini Fraksi NasDem juga memberikan berbagai cindera mata, yang salah satunya adalah berbagai tanaman apotek hidup. Tanaman-tanaman ini akan menjadi ruang aktifitas baru para tahanan selama berada di dalam rutan.

Acara buka puasa itu bertema "Dengan Puasa Kita Merestorasi Diri".

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016