Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Jerman Lukas Podolski mengkritik format baru peserta Piala Eropa menjadi 24 tim dengan menyebutnya bodoh, selain membingungkan para pemain.

Badan sepak bola Eropa UEFA telah menambahkan delapan tim pada putaran final sejak terakhir diadakan pada 2012 di mana hanya dua tim dari masing-masing grup yang boleh maju langsung ke perempatfinal.

Penambahan itu mengartikan empat tim peringkat tiga terbaik bergabung dengan dua tim teratas grup dari enam grup pada Babak 16 Besar. Podolski yakin timnya dipaksa menunggu terlalu lama untuk mengetahui siapa lawannya pada babak knockout.

"Fase grup agak sedikit aneh karena UEFA melakukan hal-hal bodoh dengan sistem ini. Ini bukan soal tim lebih kecil, melainkan soal keputusan itu. Beberapa tim menunggu tiga hari di kampnya untuk membuat keputusan," kata Podolski kepada wartawan di Prancis.

"Anda kalah pada dua pertandingan pertama, namun Anda masih punya peluang maju ke babak berikutnya. Bagi saya itu agak membingungkan," sambung dia.

Juara dunia Jerman maju ke perempatfinal setelah menghempaskan Slowakia 3-1 untuk menghadapi Italia di Bordeaux Sabtu pekan ini, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016