Tempat peristirahatan yang baru kami bangun di tengah hutan ini, luasanya sekitar 4.000 meter persegi
Situbondo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyediakan tempat peristirahatan di Kawasan Hutan Baluran guna memberikan kemudahan beristirahat, keamanan, dan kenyamanan pemudik saat melintas di daerah hutan itu.

"Di sepanjang jalan raya kawasan Hutan Baluran selama ini memang tercatat rawan kecelakaan dan rawan kriminalitas. Namun sejak beberapa tahun terakhir angka kriminalitas di jalur itu sudah mulai berkurang," ujar Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi di Situbondo, Kamis.

Ia menyebutkan untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, di sepanjang jalur Hutan Baluran telah disediakan tempat peristirahatan di tiga titik. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya disediakan satu titik tempat peristirahatan bagi para pemudik yang melintas di jalur tersebut.

Tempat peristirahatan di Hutan Baluran, kata dia,salah satunya yang baru dibangun di sekitar pintu masuk lokasi wisata air dan alam Waduk Bajulmati, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

"Tempat peristirahatan yang baru kami bangun di tengah hutan ini, luasanya sekitar 4.000 meter persegi. Di sini para pemudik yang ingin beristirahat kami sediakan fasilitas-fasilitas, seperti mushalla, toilet, dan juga ada sejumlah stan produk UMKM Situbondo," katanya.

Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Situbondo itu juga menyampaikan selain tiga titik di jalur hutan tersebut, juga terdapat empat titik tempat peristirahatan lainnya di wilayah barat Situbondo, yakni di Kecamatan Banyuglugur, dan di wilayah tengah kabupaten berjuluk Kota Santri ini.

"Dari total keseluruhan tempat persitirahatan di jalur Pantura ini menjadi pengawasan dari Pemerintah Kabupaten dan Polres Situbondo. Untuk kondisi jalan, yang kami pantau masih baik, meskipun masih ada beberapa titik yang masih dalam perbaikan," paparnya. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto / Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016