Pontianak, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan Singkawang, HM Nadjib, mengimbau para orangtua untuk mau mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah, Senin.

Dengan begitu, kata Nadjib, di Singkawang, Minggu, orangtua bisa mengetahui secara gamblang alamat sekolahnya, siapa gurunya, bagaimana teman sekelas anaknya, serta lingkungan sekitar sekolah.

Setelah orangtua tahu semuanya, diharapkan orangtua siswa bisa berinteraksi melalui komunikasi dengan kepala sekolah dan guru.

"Interaksi ini penting demi membangun kesepahaman antara guru dan orangtua siswa. Misalkan bagaimana proses pembinaan dan belajar siswa di sekolah," katanya.

Menurut Nadjib, hari pertama masuk sekolah harus menjadi momentum penting bagi orang tua siswa mengenal guru dan lingkungan sekolah.

"Jadikan ajang silaturahmi, interaksi orangtua dengan kepala sekolah, orangtua dengan guru, dan sesama orangtua siswa di lingkungan sekolah itu sendiri," ungkapnya.

Nadjib menambahkan, interaksi orangtua siswa dan guru di sekolah merupakan salah satu upaya bersama dalam memajukan pendidikan di Kota Singkawang, kota terbesar kedua di Kalimantan Barat. Dengan begitu, orang tua pun dapat sepenuhnya mempercayakan sang anak saat belajar di lingkungan sekolah.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016