Rokan Hilir (ANTARA News) - Sebanyak 176 calon haji Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, direncanakan diberangkatkan pada 17 Agustus 2016 dengan kapal feri dari Kota Dumai menuju Embarkasi Batam, Kepulauan Riau.

Bupati Rokan Hilir Suyatno mengatakan bahwa pemberangkatan jamaah calon haji dari Pelabuhan Dumai menuju Embarkasi Batam dijadwalkan pukul 08.30 WIB.

"Saya tidak mau tahu seluruh jamaah haji sudah diberangkatkan pada pukul 08.30 WIB," kata Suyatno saat memimpin rapat koordinasi persiapan pemberangkatan jamaah calon haji di Aula Lantai IV Kantor Bupati Rohil di Bagansiapiapi, Selasa.

Sementara soal pemberangkatan yang bertepatan pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Bupati menyebutkan akan disesuaikan dengan jam kegiatan upacara karena panitia pengantar juga terlibat dalam kepanitiaan peringatan tersebut.

"Saya tetap berada di Bagansiapiapi karena memimpin jalannya upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan. Mungkin Wakil Bupati nanti yang akan mengantar jamaah haji kemudian balik lagi untuk penurunan bendera," sarannya.

Dia juga menekankan bahwa tidak dibenarkan melakukan pungutan liar karena semua biaya akomodasi mulai dari pemberangkatan hingga tiba ke tanah air nanti ditanggung oleh Pemkab Rohil.

"Kalau ada pungutan di luar dana ongkos ke tanah suci laporkan kepada saya," tegasnya.

Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setdakab Rokan Hilir menambahkan jamaah calon haji tahun ini tidak ada yang menginap, karena langsung ke pelabuhan dan menuju ke Embarkasi Batam.

"Menginapnya di Batam saja satu malam dan besoknya 18 Agustus langsung di terbangkan menuju Madinah gelombang pertama kloter 10," jelas Ali Asfar.

Jamaa haji Rokan Hilir dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 27 September 2016.

"Tahun ini merupakan tahun terakhir jamaah haji menggunakan feri ke Embarkasi Batam. Sebab, tahun 2017 Provinsi Riau memiliki Embarkasi sendiri di Pekanbaru," katanya.

Pewarta: Netty Mindrayani/ Dedi Dahmudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016