Dulu sepi waktu krisis, tapi sekarang Alhamdulillah masih lumayan lah."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) berpendapat bahwa lapangan golf terkadang bisa menjadi parameter pertumbuhan ekonomi, selain menjadi ajang meningkatkan jaringan kerja.

"Lapangan golf itu kadang-kadang bisa mengukur keadaan ekonomi," kata Wapres, disambut tertawa para peserta dan panitia turnamen golf memperebutkan Piala Presiden yang digelar Persatuan Golf Alumni Universitas Indonesia (Pergola UI) di kawasan Gunung Putri, Cibinong, Jawa Barat, Minggu.

Wapres JK mengemukakan bahwa kalau lapangan golf ramai, berarti situasi perekonomian juga masih baik.

"Ya, selalu begitu. Dulu sepi waktu krisis, tapi sekarang Alhamdulillah masih lumayan lah," kata Wapres Kalla, yang juga penggemar olahraga golf.

Wapres mengatakan alumni suatu perguruan tinggi memegang peranan penting di masyarakat dalam menjaga nama baik almamater.

"Kredibilatas universitas tergantung dari para alumninya. Kalau alumninya semua baik, universitasnya baik, pasti ya alumninya," ujar Wapres.

Wapres JK juga menganggap turnamen golf yang diselenggarakan oleh alumni UI tersebut dapat dijadikan ajang silaturahmi para alumnis sekaligus untuk menambah jaringan kerja.

Tidak ketinggalan, Wapres menyampaikan selamat atas terselenggaranya Turnamen Golf Pergola UI tersebut.

Sebelumnya, Ketua Pergola UI Arwin Rasyid menyampaikan bahwa pihaknya merupakan wadah untuk membangun jaringan di antara para alumni UI, dan Wapres JK termasuk alumni UI.

Organisasi tersebut didirikan 1991, namun turnamen memperebutkan piala bergilir Presiden baru dimulai pada 2003.

"Pada 2003 yang pertama memperebutkan Piala Presiden diselenggarakan di Lippo Karawaci. Yang datang ketika itu Pak JK sendiri. Jadi, waktu itu Pak JK sebagai Menko Kesra," ujarnya.

Ia menimpali, "Tidak terasa waktu berlalu 13 tahun, kemudian Bapak berkenan hadir lagi di antara kami. Suatu kehormatan yang luar biasa bagi keluarga besar Universitas Indonesia Pak."

Dalam turnamen tersebut, Wapres melakukan pemukulan bola asap sebagai tanda peresmian pembukaan turnamen. Kemudian, bersama para peserta, Wapres melakukan permainan golf sembilan lubang.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016