Hangzhou, China (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo serta para pemimpin negara kelompok 20 (G20) disuguhi pertunjukkan tari dan musik "Impression West Lake" karya sutradara terkenal China Zhang Yimou di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Minggu malam.

Sebelum pertunjukkan mulai, Presiden China Xi Jinping dan Peng Liyuan, selaku tuan rumah, menyambut para pemimpin G20 dan pimpinan organisasi internasional di hotel yang tidak jauh dari West Lake, yang kemudian dilanjutkan foto bersama di halaman hotel dan disambung dengan jamuan santap malam yang digelar Presiden Xi Jinping.

"Impression West Lake" menampilkan perpaduan musik dan tari tradisional China dan barat yang dikemas dengan teknologi modern berupa permainan lampu, laser, hologram berwarna-warni sehingga menampilkan efek visual memukau.

West Lake adalah salah satu ikon pariwisata di Hangzhou, dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 2011.

Ada tari dan musik tradisional China, ada pula balet "swan lake" dan orkestra musik klasik dari barat, yang ditampilkan pada malam gala ini.

Zhang Yimou sebelumnya kepada wartawan mengaku telah mempersiapkan pertunjukkan ini ejak setahun silam.

"Bukan hal mudah membuat pertunjukkan di atas air, perlu persiapan sangat matang," kata dia.

Air menjadi salah satu media utama dalam pertunjukkan itu yang menyimbolkan sumber kehidupan yang harus dijaga, bahkan dengan teknologi, jelas Zhang Yimou.

"Sedangkan musik adalah bahasa universal untuk cinta, kebersamaan, keindahan, alam bahkan kekuasaan, yang dapat menyentuh siapa pun, tanpa melihat dari mana kita berasal," kata sutradara film "Hero" dan "House of Flying Daggers" ini. "Sudah tugas kami untuk menampilkan yang berbaik bagi China."

Sutradara kelahiran Xi'an ini sebelumnya telah pula dipercaya membuat pertunjukkan gala untuk Olimpiade Beijing 2008 dan APEC di Beijing pada 2014.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016